Cara Merawat Ban Serep Meski Jarang Dipakai Mitsubishi Mobilku

Berikut tips cara merawat ban serep meski jarang dipakai. Salah satu elemen penting bagi sebuah kendaraan adalah ban serep. Sayangnya masih banyak pengguna kendaraan yang sering mengabaikan perawatannya. Namun begitu merawat ban serep cukup terbilang mudah. Pasalnya jika Anda tidak melakukan perawatan dengan benar maka berbagai masalah pada ban mobil Anda bisa saja terjadi secara tidak terduga.

Untuk itulah Anda perlu mengecek kondisi ban serep kurang lebih dalam jangka waktu tiga bulan sekali. Namun jika musim hujan tiba maka tidak ada salahnya untuk mengecek dan merawatnya satu bulan sekali. Dengan begitu saat Anda membutuhkan ban serep tersebut, ban serep telah siap untuk dipakai.

Jadi yang perlu Anda ketahui sekarang adalah bagaimana cara merawat ban serep dengan benar. Untuk itu simak  dengan seksama bagaimana cara merawat ban serep tersebut pada ulasan berikut!

Bagaimana Cara Merawat Ban Serep?

Perawatan ban serep yang kurang baik akan menyebabkan masalah lainnya. Seperti ban rusak atau bahkan ban cepat habis. Sebenarnya perawatan ban serep itu sendiri dimulai dari pemilihan jenis ban. Namun jangan khawatir, untuk menghindari kerusakan ban yang lebih lanjut maka berikut ini beberapa cara perawatannya yang bisa Anda simak!

  1. Periksa Tekanan Angin

Langkah pertama dalam merawat  ban serep adalah dengan memeriksa tekanan angin secara berkala. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik maka Anda bisa menggunakan alat pengukur tekanan angin ban. Jika Anda menemukan tekanan angin ban yang kurang, maka biasanya pada bagian dinding ban akan terbentuk lekukan. Jika sudah begini, ada baiknya Anda segera melakukan pengisian angin pada ban tersebut.

  1. Jaga Kondisi Ban Secara Rutin

Dalam merawat ban serep, pastikan ban serep yang Anda miliki selalu dalam keadaan prima dan siap pakai. Maka jangan gunakan ban yang sudah memiliki banyak tambalan bahkan sudah menipis, maka segeralah mengganti ban serep tersebut dengan yang baru.

  1. Jangan Terlalu Lama Pakai Ban Serep

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi utama dari ban serep adalah hanya sebagai cadangan. Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak terlalu lama dalam menggunakan ban serep tersebut. Jika Anda sudah menemukan bengkel maka segeralah ganti ban dengan yang baru.

  1. Bungkus Ban Serep Menggunakan Cover

Umumnya seorang pengendara menyimpan ban serep mereka pada bagian belakang atau bahkan di  bawah mobil. Untuk mencegah terjadinya kerusakan berlebih maka Anda bisa menutupinya menggunakan cover. Dengan begitu, hal ini akan mencegah ban serep terkena sinar matahari secara langsung serta beberapa hal lain yang tidak diinginkan.

  1. Sediakan Tool Kit Bongkar Pasang Untuk Ban Serep

Dalam hal bongkar pasang ban serep tentu Anda memerlukan peralatan tertentu. Ini tak lain untuk mengganti ban utama dengan ban cadangannya. Jika Anda tidak menyediakannya maka akan sangat percuma sekalipun Anda merawat ban serep namun alat pasang ban tidak dimiliki.

  1. Gunakan Alternatif Ban Donat

Jika Anda ingin menghemat tempat penyimpanan ban serep sekaligus dapat mengurangi beban kendaraan maka pilihlah saja ban donat sebagai alternatif pengganti ban serep. Selain ukurannya yang cukup kecil, Anda juga bisa menggunakannya dalam jangka waktu tertentu sebagai ban cadangan.

  1. Lakukan Rotasi Ban Serep

Pada umumnya ban yang tidak pernah dipakai akan mengalami pengerasan pada bagian konstruksinya sehingga seringkali ban serep terasa oleng saat dipakai. Untuk itu, agar hal ini tidak terjadi maka lakukan penggantian ban serep dengan ban utama. Hal ini tidak lain untuk menjaga elastisitas ban agar tetap dalam keadaan yang baik, prima, serta menjaga keausan ban satu dengan yang lainnya.

BACA JUGA :  Tips Cara Merawat Interior dan Eksterior Xpander

Cukup mudah bukan merawat ban serep seperti penjelasan di atas? Kini Anda bisa memulainya dari sekarang untuk lebih memperhatikan ban serep. Hal ini tak lain agar jika suatu saat dibutuhkan Anda hanya perlu menggunakannya dalam keadaan sudah siap.

Jika Anda sudah merawat ban serep dengan tepat dan berkala maka akan timbul perasaan aman dan nyaman saat mengemudi. Tentu akan hilang juga rasa was-was tatkala Anda ingin bepergian jauh bersama anggota keluarga lainnya. Sekian tips cara merawat ban serep meski jarang dipakai dari Mitsubishimobilku.com. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Related Posts