Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Mitsubishi Xpander Surabaya

Berikut tips memilih oli mesin yang tepat untuk Mitsubishi Xpander. Mobil sebagai salah satu kendaraan yang penting bagi keseharian kita juga memerluka perawatan harian yang sangat berguna untuk menjaga kondisi dari mesin mobil itu sendiri. Selain mengecek kesehatan onderdil mobil secara berkala, salah satu hal yang patut untuk diperhatikan adalah mengenai oli mesin mobil.

Oli mesin mobil memegang peranan penting dalam menciptakan mobil yang prima dan sehat. Jika kita sebagai pemilik bisa dengan tepat memilih oli mesin yang tepat bagi mobil kita, maka resiko akan adanya kerusakan mesin juga bisa diminimalisir sedemikian rupa.

Salah satu tipe mobil yang membutuhkan perhatian khusus saat memilih oli mesin yang digunakan adalah mobil Mitsubishi Xpander. Mobil yang termasuk dalam kategori mobil keluarga ini terbilang nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jauh dan dalam medan apapun. Dan untuk menjaga kenyamanan itulah diperlukan oli mesin yang tepat untuknya.

Seberapakah Pentingnya Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Mitsubishi Xpander?

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, memilih oli mesin merupakan salah satu hal yang sangat krusial karena dalam prosesnya, oli mesin inilah yang turut menentukan peforma dari mobil Anda. Termasuk oli mesin untuk Mitsubishi Xpander.

Sebelum memilih oli mesin yang tepat, Anda harus terlebih dahulu teliti untuk memilih dan memilah oli mesin mana yang tepat untuk mobil Anda, yaitu Mitsubishi Xpander. Oli mesin yang mahal belum tentu juga memberikan kualitas yang bagus bagi mesin mobil Anda. Sebaliknya, Anda harus bisa dengan bijak memilih oli mesin mana yang tepat bagi mobil Anda.

Oli mesin bagi mobil termasuk juga mobil Mitsubishi Xpander, berperan sebagai pelumas mesin. Selain itu, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin, anti karat, dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin. Oli mesin akan mempermudah atau memperhalus gesekan yang terjadi di komponen mesin mobil dan mencegah kerusakan antar komponen.

BACA JUGA :  Kegunaan Anti Karat Pada Kendaraan Mitsubishi Xpander

Oli mesin sendiri dibagi menjadi dua jenis, hal ini didasarkan atas perbedaan bahan pembuatannya. Ada oli sintesis dan juga oli mineral. Secara teori, jenis oli sintesis terbilang lebih unggul dari pada oli mineral karena bisa melumasi komponen mesin secara sempurna dalam kondisi apapun.

Bagaimana Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Mitsubishi Xpander?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada dua jenis oli yang didasarkan pada bahan pembuatannya. Jenis oli juga berperan dalam memilih oli mesin yang tepat bagi mobil kita termasuk mobil Mitsubishi Xpander. Sebelum memilih oli mesin sebagai pemilik mobil, kita harus memperhatikan sertifikasi yang dimiliki oleh oli mesin yang dijual di pasaran.

Ada beberapa sertifikasi seperti contohnya API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Dengan memilih oli mesin yang telah tersertifikasi, berarti kita sudah memilih oli mesin yang terjamin standar dan kualitasnnya sehingga kita tidak perlu khawatir. Selain itu kita bisa melihat buku panduan dari mobil kita untuk mengetahui bagaimana spesifikasi mesin dari mobil kita.

Hal ini juga berlaku dalam memilih oli mesin yang tepat bagi mobil Mitsubishi Xpander. Berdasarkan spesifikasi mesin dan karakter komponen mesin yang dimiliki oleh mobil Mitsubishi Xpander, jenis oli mesin yang paling tepat dan cocok untuk digunakan adalah Oli mesin kelas low MVP seperti Oli SAE 0W-20.

Oli SAE 0W-20 merupakan oli mesin dengan tingkat kekentalan yang paling rendah atau encer di kelas low MVP. Arti dari 0W adalah Winter atau kondisi dingin. Saat kondisi mesin dingin oli bekerja pada angka 0 yang merupakan tingkat paling rendah atau encer dari sebuah oli mesin.

Sementara itu saat suhu mesin mulai naik, kekentalan dari oli akan berubah hingga mencapai SAE 20. Dengan memilih oli mesin SAE 0W-20 dan menggunakannya pada Mitsubishi Xpander, oli mesin jenis ini akan secara otomatis menjaga peforma dan efisiensi dari mesin Mitsubishi Xpander.

BACA JUGA :  Mitsubishi Xpander Kembali Meraih Penghargaan Di Indonesia

Selain itu pergantian dari oli tersebut dapat dilakukan setiap 10.000 km. Itu lah uraian mengenai tips bagaimana memilih oli mesin yang tepat bagi Mitsubishi Xpander semoga sahabat Mitsubishi Mobilku dapat mengetahui dan memilih oli yang tepat untuk mobil Xpander.

Related Posts