Cara Merawat Cat Body Kendaraan Agar Tidak Cepat Kusam Mitsubishi Mobilku

Berikut tips cara merawat cat body kendaraan agar tidak cepat kusam dan awet. Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil tentu menuntut sang pemilik rutin melakukan perawatan yang benar. Pasalnya cat body mobil bisa saja mengalami kusam dan pudar seiring waktu akibat kotoran dan perubahan cuaca. Jamur dan kerak bisa saja menyebabkan masalah cat body mobil lebih gampang rusak sehingga Anda harus melakukan perbaikan ke salon mobil. Lalu, bagaimana cara merawat cat kendaraan agar lebih tahan lama?

Cara Merawat Cat Body Kendaraan Agar Tidak Cepat Kusam

Berikut 5 cara merawat cat kendaraan agar tidak mudah kusam yang bisa Anda jadikan bahan referensi.

  1. Rutin Mencuci Mobil Setelah Terguyur Hujan

Cara merawat cat kendaraan pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga warna cat badan mobil tetap kinclong maksimal adalah rutin mencuci mobil setelah terkena air hujan. Hal ini disebabkan oleh kandungan air hujan yang memiliki zat kimia dan berdampak pada kilau mobil Anda. Sebaiknya Anda langsung melakukan pencucian mobil dengan cara menyiram air sampai bersih.

Saran lebih efektif untuk menjaga warna cerah cat mobil adalah menggunakan sampo mobil yang bisa mengembalikan kilau. Air hujan juga bisa menyebabkan jamur dan kerak menempel sehingga lebih sulit dibersihkan kalau Anda tidak segera mencuci mobil kesayangan.

  1. Menggunakan Wax

Cara merawat cat kendaraan tetap berkilau adalah membiasakan menggunakan wax saat mencuci mobil. Wax sudah terbukti ampuh mempertahankan warna cat mobil seperti semula tanpa merusak bagian permukaan bodi mobil. Namun ada hal yang harus Anda perhatikan agar pemolesan wax tidak sembarangan. Lakukan prosedur pemolesan wax berdasarkan petunjuk yang tertera di kemasan wax dan perhatikan waktu minimal penggunaan yaitu enam bulan sekali.

  1. Jangan Membungkus Mobil Yang Basah

Sebaiknya Anda membiarkan mobil mengering secara alami setelah melakukan pencucian rutin. Menutup mobil saat basah bisa menjadi penyebab warna cat bodi mobil gampang sekali kusam. Kalau Anda ingin mobil cepat mengering, sebaiknya gunakan kain lap kering yang memiliki daya serap tinggi.

BACA JUGA :  Kelebihan Pajero Sport Dakar Dibandingkan Kompetitor Sekelas Lainnya

Selain itu cara merawat cat kendaraan adalah memastikan dulu bahwa kain lap terbuat dari bahan microfiber. Pasalnya kain microfiber ini banyak dijual sebagai lap mobil sebab memiliki daya serap tinggi dan tidak akan merusak permukaan cat bodi mobil Anda.

  1. Compound Mobil

Mengoleskan compound tidak hanya perlu dilakukan pada bagian yang mengalami baret atau goresan namun ke seluruh celah bodi mobil. Cara merawat cat kendaraan tetap awet dan tahan lama banyak menggunakan pengolesan compound yang telah terbukti berhasil. Untuk harga compound mobil tidak mahal dan mudah Anda temukan di toko cat mobil terpercaya.

Hal yang harus diperhatikan pemilik mobil adalah dilarang melakukan pengolesan compound secara berlanjut. Pengolesan compound mobil yang terus menerus bisa mengikis susunan cat mobil itu sendiri. Waktu paling disarankan untuk melakukan pengolesan compound minimal 3-5 bulan sekali.

  1. Memarkirkan Mobil di Tempat Yang Teduh

Tahukah Anda bahwa cat bodi mobil gampang sekali pudar, kusam atau terkelupas karena pengaruh sinar matahari? Radiasi sinar matahari yang berlebihan bisa merusak susunan cat mobil dan mobil yang terbuat dari bahan pelat lebih mudah menyebabkan peningkatan suhu panas di sekitar bodi mobil.

Namun pastikan hati-hati memilih tempat teduh khususnya di bawah pohon besar. Bisa jadi mobil Anda terkena kotoran burung atau hewan lain yang meninggalkan bekas membandel pada cat mobil.

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Pengecatan Bodi Mobil?

Kalau Anda merasa warna cat bodi mobil sudah mulai kusam atau terkena lecet-lecet, sebaiknya tetap memperhatikan waktu terbaik. Memangnya mengecat mobil harus menyesuaikan cuaca? Ya, pengecatan ulang secara manual sangat tidak disarankan saat musim hujan atau mendung. Hal ini bisa menyebabkan warna cat kurang maksimal berbeda dengan kualitas warna cat bodi mobil saat cuaca tengah terik.

BACA JUGA :  Cara Merawat Ban Serep Meski Jarang Dipakai

Kalau Anda ingin melakukan pengecatan bodi mobil tanpa memperhatikan cuaca, bisa memilih teknik oven atau nano ceramic. Dijamin cat mobil Anda terlihat lebih berkilau dengan hasil maksimal. Tentu biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan Anda melakukan pengecatan ulang kendaraan di bengkel cat mobil konvensional. Asal Anda menerapkan cara merawat cat kendaraan di atas, risiko pudar dan kusam bisa terminimalisir dengan baik kok. Sekian pembahasan mengenai cara merawat cat body kendaraan agar tidak cepat kusam.

Related Posts